Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat

Sosialisasi Advokasi Pelaksanaan POPM Kecacingan dalam Mencegah dan Menanggulangi Stunting di Kabupaten Soppeng

Filariasis (penyakit kaki gajah) adalah penyakit menular menahun yang disebabkan oleh cacing filaria,di tularkan oleh beberapa jenis nyamuk dan menyebabkan kecacatan yang permanen.  Filariasis dan kecacingan merupakan penyakit tropis yang terabaikan yang endemis di Indonesia. Program eliminasi pengendalian program tersebut sudah terbukti memberikan distribusi yang besar dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dengan menurunkan angka kecacatan dan menurunkan dampak lain yang disebabkan oleh penyakit tersebut.

Pembukaan kepala Dinas Kesahatan Kabupata Soppeng
Pembukaan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng

Kegiatan ini di hadiri oleh 49 peserta yang berasal dari beberapa instansi yaitu Dinas Pendidikan, Kementrian Agama, Dinas kesehatan dan 17 Puskesmas se-Kabupaten Soppeng. Sosialisasi ini dilaksanakan pada tgl 13 Oktober 2020 di Aula Wijaya Kusuma Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng.

Peserta Sosialisasi
Peserta Sosialisasi

Laporan ketua panitia disampaikan oleh Oderna,SKM.,MPH yang dilanjutkan dengan sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kab.Soppeng. Sallang, SKM.,M.Kes dalam sambutannya menekankan bahwa untuk bisa mencapai target diperlukan koitmen dan dukungan bersama. Kesuksesan pelaksanaan POPM kecacingan dapat tercapai sesuai sasaran (1-12 tahun), tepat waktu dengan hasil memuaskan apabila memanfaatkan sumber dana yang terdapat di tingkat Kabupaten, Puskesmas dan Desa.

Setelah itu, acara di lanjutkan pemaparan materi oleh Kabid Bina Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, dr.Hj.Nurul Amin R,MM.Kes dan dr.Sri wahyuni karim,Sp.A Dokter spesialis Anak RSUD Latemmamala.

Back to top button
Close